Physics Method and activities


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA KONSEP KALOR
Januari 4, 2011, 15:19
Filed under: Uncategorized

Oleh:
Nunung Nurjanah dan Iwan Permana Suwarna

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains (KPS). Aspek KPS yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan mengamati, keterampilan menafsirkan pengamatan, keterampilan memprediksi, keterampilan berkomunikasi dan keterampilan menerapkan konsep. Penelitian ini dilaksanakan di MA Pembangunan UIN Jakarta dengan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa terbagi menjadi dua kelompok yaitu 31 orang dari kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan 31 orang dari kelas X-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari: instrumen butir soal untuk mengukur KPS, lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, dan instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS inkuiri. Pengolahan data untuk uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji t untuk data yang normal dan homogen dan uji statistic nonparametrik Mann Whitney (uji U) untuk data yang tidak normal. Dalam penelitian ini diperoleh skor rata-rata pretest kelompok eksperimen 38,13 dan skor rata-rata pretest kelompok kontrol 35,92, skor rata-rata posttest kelompok eksperimen 65,61 dan skor rata-rata pretest kelompok kontrol 54, 73 dengan rata-rata N-gain sebesar 0,44 (sedang) pada kelompok eksperimen dan 0,27 (rendah) pada kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan uji analisis data posttest menggunakan uji U diperoleh nilai 431,5 dengan probabilitas 0,00. Sedangkan hasil perhitungan uji analisis data N-gain menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung = 4,348 dengan taraf signifikansi 5% dan nilai t tabel = 2,00. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran inkuiri berpengarh positif terhadap keterampilan proses Sains (KPS) pada konsep kalor. Aktifitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dan aspek KPS yang dimiliki siswa secara umum termasuk dalam kategori tinggi, aspek KPS yang dapat ditingkatkan adalah mengamati, menafsirkan pengamatan, dan memprediksi.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: